+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
02/10/2019

17 Oktober, Kita Merayakan Hari CU Internasional

bibil | Umum | 209

Credit Union (CU) telah mengalami sejarah panjang. Krisis ekonomi yang terjadi di Jerman pada awal abad ke 18 menjadi peristiwa yang melatarbelakangi munculnya ide tentang CU. F.W. Raiffeisen, seorang walikota di Flammersfield, bertekad untuk membawa masyarakatnya keluar dari krisis tersebut.

Beragam cara ia lakukan. Ia mengumpulkan orang kaya, para dermawan, dan kaum bangsawan untuk ikut mewujudkan cita-citanya. Mereka mengumpulkan uang untuk disumbangkan kepada rakyat miskin. Cara ini ternyata keliru. Bukannya berkurang, justru masyarakat miskin semakin bertambah.   

Raiffeisen tidak menyerah. Ia kemudian membuka pabrik roti dan menjualnya dengan harga murah. Hasilnya sama seperti cara sebelumnya. Gagal.

Dari kegagalan yang dialaminya, ia menyimpulkan bahwa orang miskin tidak bisa dibantu dengan cara diberi sumbangan. Mereka miskin sebab cara berpikirnya yang keliru. Terutama dalam mengelola uang. Maka ia pun mulai menolong orang miskin dengan pendekatan baru yaitu “menolong diri sendiri”. Inilah cara yang berhasil. Yang kita kenal dengan sebutan Credit Union. Sampai saat ini.

Untuk mengajak masyarakat khususnya anggota CU bersama-sama merenungkan sejarah dan prestasi yang telah dicapai credit union, serta mempromosikan ide-ide credit union di seluruh negeri maka dibuatlah perayaan. Setiap hari Kamis ketiga di bulan Oktober seluruh insan CU sedunia memperingati Hari Credit Union Internasional.

Pada 2019 ini Hari Credit Union Internasional dirayakan pada 17 Oktober 2019. World Council Of Credit Union (WOCCU) mengangkat tema “Local Service.Global Reach”. CU Bonaventura dan CU-CU lainnya ikut memeriahkan peringatan ini dengan memasang spanduk tema Hari CU Internasional sepanjang bulan Oktober.

Bagikan Ke:

Populer