+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
29/11/2021

BAYAR DIRI SENDIRI LEBIH DAHULU

bibil | Seputar CU | 60

Semoga anggota CU Bonaventura tidak bosan dengan topik seputar menabung ini. Baguslah jika anda selama ini rutin menabung dan simpanan anda semakin meningkat jumlahnya setiap bulan. Jangan sampai anggota CU Bonaventura masih bolong-bolong dalam menabung.

“Pay yourself first” atau jika diterjemahkan bebas berarti bayar diri sendiri lebih dahulu merupakan bentuk kebiasaan menabung yang sangat baik. Begitu seseorang menerima penghasilan entah dari gaji atau usaha, ia akan segera menyimpan sebagian uang tersebut dalam rekening tertentu.
Dengan mengarahkan sebagian penghasilan ke rekening tabungan, secara otomatis tindakan ini dianggap sebagai membayar diri sendiri terlebih dahulu. Maksudnya, kita membayar keperluan diri kita sendiri di masa depan sebelum membayar pengeluaran lainnya. Menarik bukan?
Menabung di awal ketika mendapat penghasilan dari bulan ke bulan akan membuat seseorang  lebih sejahtera. Mengapa ? Karena kebiasaan ini mampu menghindarkan orang dari godaan untuk menghabiskan seluruh uangnya untuk konsumtif. Urutan kedua setelah menabung adalah membayar kewajiban bulanan.
Ada tipe orang, termasuk anggota CU Bonaventura, yang beralasan bahwa penghasilan mereka tidak cukup untuk ditabung. Mereka kuatir bila mereka mulai menabung, maka mereka tidak bisa menutupi seluruh kebutuhan sehari-hari. Anehnya ketika meminjam, mengatakan mampu membayar angsuran yang besar.
Sederhananya pengeluaran bulanan bisa dikategorikan menjadi 2, yaitu:
1. Pengeluaran wajib, yang merupakan semua biaya yang harus dibayar setiap bulan. Misalnya tagihan listrik dan air, sewa rumah, uang sekolah, kiriman anak kuliah, bahan bakar dan servis kendaraan, pulsa dan kuota internet. Contoh lain adalah hal-hal yang pasti dibutuhkan dalam kehidupan seperti makanan, minuman, dan jenis konsumsi lain untuk kesehatan. 
2. Pengeluaran tambahan, ini adalah biaya lainnya yang tidak wajib. Bentuknya sangat beragam, mulai dari pakaian, hiburan, liburan, alat elektronik tambahan di rumah, undangan, dan lain-lain. Berbagai langganan seperti internet, arisan, dan lain-lain juga masuk dalam kategori ini.
Kalau kita memulai dengan cara memenuhi kedua pengeluaran di atas baru kemudian menabung, maka yang sering terjadi adalah tidak ada lagi uang yang tersisa untuk ditabung. 
Sebaliknya dengan “pay yourself first”, menabung akan menjadi pengeluaran wajib. Menabung sifatnya menjadi sama dengan membayar utang dan tagihan.
Dengan begitu, kita hanya akan mengeluarkan uang untuk pengeluaran tambahan sesuai jumlah yang tersisa saja. Semua kebutuhan pun bisa terpenuhi. Menabung bisa, bayar kewajiban bisa, kebutuhan sehari-hari bisa, dan sisanya dana hiburan tinggal menyesuaikan.
CU Bonaventura sejak lama membantu anggota  agar memiliki kebiasaan menabung. CU Bonaventura telah menyediakan 8 jenis simpanan sukarela yang akan membantu anggota menyiapkan kebutuhan masa depannya. Uang yang didapat dari penghasilan setiap bulan bisa dibagi-bagi menjadi beberapa rekening. 
Anggota bisa membagi penghasilan ke dalam rekening dana pensiun, investasi, hari raya, dana pendidikan, jalan-jalan, dana darurat, dan kendaraan. Dengan begitu, uang ini tidak akan tersimpan di dompet untuk belanja sehari-hari. Kita juga tidak akan tergoda untuk menariknya atau menghabiskannya untuk hal-hal yang kurang perlu.
 

Bagikan Ke:

Populer






Terbaru