+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
31/08/2021

MENGAPA JASA SIMPANAN BULAN JULI 2021 TIDAK TERCETAK

bibil | Seputar CU | 44

Bulan Agustus 2021 menjadi era baru bagi CU Bonaventura. Hal ini ditandai dengan penggunaan program ESCETE untuk transaksi keuangan secara online. Perpindahan program dari Sikopdit ke ESCETE dimulai dengan proses migrasi data. Proses migrasi artinya memindahkan saldo simpanan dan pinjaman anggota serta database anggota dari program lama ke program baru.

Jadi yang tercatat di program ESCETE hanya saldo atau nilai akhir dari simpanan per 31 Juli 2021. Maka dari itu transaksi setor, tarik, dan angsuran pinjaman pada kolom debet kredit tidak terdapat pada data migrasi. Hanya saldo akhir.

Proses migrasi data ini dimulai pada 25 Juli 2021 sampai dengan 5 Agustus 2021. Selama proses tersebut setoran anggota yang masuk ditunda transaksinya. Ini menyebabkan transaksi pada minggu pertama buka kantor bulan Agustus begitu membludak. Pencatatan transaksi anggota yang datang ke kantor juga tidak secepat biasanya karena staf keuangan perlu melakukan penyesuaian.

Untuk mempercepat proses transaksi maka pada cetak buku hanya menampilkan saldo setelah migrasi dan saldo transaksi terbaru dengan ESCETE. TP tidak menyajikan jasa simpanan Juli karena tercatat di program lama. Jasa simpanan bisa saja dicetak tetapi akan memakan waktu lama karena staf keuangan harus membuka kembali program sikopdit yang lama, dilanjutkan membuka kembali program ESCETE.

Inilah yang menjadi jawaban atas pertanyaan dari anggota. Apakah bulan Juli tidak ada jasa simpanan ? Mengapa jasa simpanan Juli tidak tercetak ?

Sebenarnya jasa simpanan tetap ada sebagaimana biasa. Tetapi tidak tercetak karena program ESCETE hanya mencatat saldo akhir. Karena itu anggota tidak perlu kuatir. Apabila memerlukan penjelasan lebih detil atau ingin membuktikan bahwa jasa simpanannya benar ada, dipersilahkan untuk ke kantor tempat pelayanan.

Bagikan Ke:

Populer