+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
01/09/2021

MENGAPA PADA AGUSTUS 2021 ADA PENARIKAN BALAS JASA SIMPANAN SAPALA

bibil | Seputar CU | 217

Jika anggota melihat cetak buku simpanan pada  Agustus 2021 mungkin akan bertanya-tanya. Pada pencatatan jasa simpanan dan pajak terdapat penarikan atau penambahan saldo.

Perlu diketahui bahwa awal Agustus 2021 CU Bonaventura menggunakan program ESCETE sebagai pengganti program Sikopdit untuk melakukan transaksi keuangan, database anggota, dan data diklat. Program ESCETE yang digunakan menggunakan standard pencatatan keuangan perbankan secara umum. Karena itu memerlukan banyak penyesuaian system agar sesuai ketentuan yang berlaku di CU Bonaventura.

Salah satu penyesuaian yang perlu dilakukan adalah mengenai perhitungan jasa simpanan Sapala.

Manajer Bidang Keuangan Yulius Rustam menjelaskan bahwa system pada program ESCETE menghitung seluruh simpanan mendapat balas jasa yang sama sebesar 5%. Sedangkan jasa simpanan di CU Bonaventura bervariasi sesuai keaktifan. Dengan demikian maka Bidang Keuangan melakukan langkah-langkah penyesuaian.

Untuk bulan Agustus anggota seharusnya mendapat jasa simpanan sesuai keaktifan. Syaratnya sudah ada di ketentuan umum 2021. Balas jasa simpanan Sapala yaitu 5%, 1%, dan 0%. Namun di Program ESCETE semua terhitung 5%.

Karena itu bidang keuangan melakukan perhitungan manual untuk menyesuaikan pemberian balas jasa simpanan. Anggota yang seharusnya mendapat balas jasa simpanan 1% atau 0% akan dilakukan penarikan saldo. Begitu juga dengan pajak atas bunga simpanan.

Pada cetak buku simpanan Sapala anggota yang ditarik kelebihan balas jasa simpanannya akan terdapat kode DD atau Distribusi Dana.

Rustam memastikan bahwa penyesuaian ini hanya dilakukan untuk balas jasa simpanan Sapala bulan Agustus 2021.

“Untuk September dan seterusnya kami dan tim keuangan CU Bonaventura sudah berkoordinasi dengan PT. ARO selaku penyedia program ESCETE. Artinya penyesuaian ke depan sudah dilakukan dan perhitungan balas jasa simpanan akan dicatat sebagaimana biasanya”kata Rustam.

Bagikan Ke:

Populer