+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
29/11/2021

PERINGATAN HARI CREDIT UNION INTERNASIONAL

bibil | Seputar CU | 54

Credit Union yang didirikan F.W. Raiffeissen di Jerman pada akhirnya berhasil menginspirasi berdirinya CU-CU di Eropa bahkan ke Amerika.
Pada awal 1900-an Alphonse dan Dorimene Desjardins memulai Credit Union di Lévis, Quebec. Tak lama kemudian, Alphonse, bersama dengan orang Amerika Edward A. Filene dan Roy F. Bergengren, membantu mendirikan Credit Union di Amerika Serikat.
Seiring berjalannya waktu, muncul keinginan untuk mengadakan acara tahunan untuk mengakui peran penting Credit Union dalam menciptakan peluang bagi anggota dan komunitas mereka dan pencapaian para pionir yang meletakkan dasar bagi keberhasilan Credit Union yang berkelanjutan.
Lalu ditetapkanlah tanggal 17 Januari 1927 sebagai perayaan Hari Credit Union Internasional pertama. Tanggal tersebut juga bertepatan dengan ulang tahun Benjamin Franklin, tokoh penting Amerika Serikat. Sayangnya perayaan ini tidak berlanjut karena orang-orang terlalu sibuk untuk merayakan atau menyadari pentingnya perayaan itu. Setelah masa percobaan singkat, Credit Union Day diam-diam menghilang.
Pada tahun 1948, Asosiasi Nasional Credit Union AS (CUNA) memutuskan untuk memulai perayaan Hari Credit Union Nasional yang baru. CUNA dan CUNA Mutual Insurance Society menetapkan Kamis ketiga bulan Oktober sebagai hari peringatan nasional. 

Selama tahun 1950-an, Departemen Penyuluhan Dunia CUNA memberikan bantuan teknis dan panduan filosofis untuk pengembangan Credit Union di seluruh dunia. Begitu banyak negara telah membentuk gerakan Credit Union pada tahun 1964 sehingga CUNA secara resmi memperluas misinya dan meluncurkan CUNA Internasional.
Gerakan-gerakan baru bergabung dengan Credit Union setiap tahun, dan semakin banyak orang yang tertarik untuk merayakan keunikan dan persatuan mereka dengan hari libur khusus yang dapat dinikmati oleh semua orang. 
Perayaan ini kemudian terus berlanjut dan diterima sebagai Peringatan Hari Credit Union Internasional.
International Credit Union (ICU) Day® merayakan semangat gerakan Credit Union global. Hari tersebut diakui untuk merefleksikan sejarah gerakan Credit Union, mempromosikan pencapaiannya, mengakui kerja keras dan berbagi pengalaman anggota. 
Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pekerjaan luar biasa yang dilakukan Credit Union di seluruh dunia dan memberi anggota kesempatan untuk lebih terlibat.
Pada 21 Oktober 2021, keluarga besar Credit Union sedunia bergabung bersama untuk merayakan ulang tahun ICU Day® yang ke-73 dengan tema “Membangun kesehatan finansial untuk hari esok yang lebih cerah.”

Bagikan Ke:

Populer






Terbaru