+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
23/02/2021

RAT Tahun Buku 2020 Secara Tertulis Berlangsung Sukses

bibil | Seputar CU | 94

Rapat Anggota Tahunan CU Bonaventura untuk tahun buku 2020 dilaksanakan dengan nuansa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. RAT sebagai kekuasaan tertinggi di CU Bonaventura biasanya berlangsung meriah di dalam gedung pertemuan. Ratusan anggota yang diundang antusias untuk hadir mewakili 11 Tempat Pelayanan. Pejabat pemerintahan baik yang mewakili walikota maupun dari dinas koperasi, Puskopdit BKCU Kalimantan, serta lembaga mitra turut hadir memberi dukungan atas penyelenggaraan RAT.

Pandemi covid 19 menyebabkan kegiatan yang dilakukan harus mematuhi protocol kesehatan yaitu tidak berkumpul dalam jumlah banyak, memakai masker, dan mencuci tangan.  Karena itulah CU Bonaventura mengadakan RAT secara tertulis. Maksudnya adalah anggota yang mendaftarkan diri sebagai peserta RAT kemudian mendapat buku laporan pertanggungjawaban pengurus dan hasil pemeriksaan pengawas. Jumlah anggota yang mendaftar sebagai peserta RAT sebanyak 3.249 orang.

Laporan yang disalurkan kepada anggota berjumlah 3.242 berkas. Laporan tersebut dibaca di rumah masing-masing. Tidak berkumpul seperti tahun sebelumnya. Setelah dibaca anggota dapat memberi tanggapan, pertanyaan, dan saran di lembar yang disediakan. Lembar tadi kemudian dikumpulkan oleh panitia sebagai bukti kehadiran anggota. Ini dilakukan dari tanggal 2 sampai dengan 17 Februari 2021. Jumlah tanggapan yang kembali berjumlah 3.104 lembar.

Seluruh tanggapan yang kembali selanjutnya disalin ulang oleh panitia selama dua hari yaitu 18 dan 19 Februari 2021. Tanggal 20 Februari 2021, Pengurus dan Pengawas kemudian membahas tanggapan yang diberikan anggota.

Senin, 22 Februari 2021 diselenggarakan Rapat Anggota Tahunan Paripurna di Kantor Pusat CU Bonaventura. 1 orang anggota dari setiap TP diutus sebagai perwakilan mengingat pembatasan peserta. Begitu juga undangan dari lembaga lain. Hanya Puskopdit BKCU Kalimantan dan notaris Erna Fahriati yang hadir sebagai undangan.

Sidang RAT Paripurna dipimpin oleh Diran. Saat membuka sidang, Diran menjelaskan kepada anggota alasan penyelenggaraan RAT secara tertulis.

“RAT secara virtual baik melalui aplikasi zoom meeting maupun googlemeet tidak dapat dilakukan mengingat jangkauan internet bagi anggota CU Bonaventura diperkirakan akan mengalami kendala. Selain itu secara prinsip jika RAT dilakukan secara virtual akan sulit untuk menentukan kuorum peserta, peserta juga tidak focus. Maka dikawatirkan RAT menjadi tidak kuorum, keputusan tidak sah, dan tujuan RAT menjadi bias” jelas Diran.

Diran menambahkan bahwa penyelenggaraan RAT secara tertulis juga telah diatur melalui Peraturan Menteri Koperasi dan UKM nomor 19/PER/M.KUKM/IX/2015 pasal 15 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi.

Acara RAT Paripurna CU Bonaventura berlangsung lancar dan tertib. Acara inti berlangsung dari jam 9 sampai jam 12 siang. Dilanjutkan dengan pemberian kompensasi untuk anggota hingga pukul 17.00 WIB.

 

Bagikan Ke:

Populer






Terbaru