+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
08/08/2019

TOT Diklat Wajib Ciptakan Fasilitator Baru

Admin | Pendidikan | 404

Pendidikan adalah pilar CU. Melalui pendidikan, pemahaman anggota tentang CU bisa meningkat. Namun pendidikan tidak bisa hanya sekali dua kali. Pendidikan harus dilaksanakan terus menerus hingga anggota benar-benar paham CU seutuhnya.

Diklat yang dilaksanakan staf belum maksimal secara kuantitas. Sedangkan Business Plan memprogramkan Diklat dengan frekuensi yang cukup banyak. Maka untuk mengatasi ini, diperlukan lebih banyak lagi fasilitator-fasilitator berkualitas. Dengan demikian diharapkan program diklat dapat terlaksana secara maksimal baik kuantitas maupun kualitas. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, selain staf dilibatkan pula anggota potensial. Anggota potensial di pandang mampu untuk menjadi fasilitator. Terutama untuk memfasilitasi pertemuan di lingkungannya. Dengan keterampilan fasilitasi, anggota potensial dapat melakukan pendampingan kepada anggota di sekitarnya. 

Keterampilan memfasilitasi pertemuan inilah yang menjadi materi Training Of Trainer (TOT) Diklat Wajib. TOT diadakan dalam 2 (dua) gelombang. Pertama tanggal 28-30 Maret 2019 diikuti 16 orang. Gelombang kedua dilaksanakan pada 27-29 Mei 2019 dan diikuti oleh 21 orang. Tempatnya di Kantor Pusat CU Bonaventura. TOT difasilitasi oleh Manajer Bidang Diklat dan Pemberdayaan CU Bonaventura, Christovorus Nur Widyono atau biasa dipanggil Mas Wiwid.

TOT Diklat wajib ini diprogramkan untuk memperkuat pilar pendidikan di CU Bonaventura. Pelaksanaannya selama ini memang menjadi tugas dari staf manajemen. Namun dengan semakin banyaknya anggota yang perlu pendidikan dan pendampingan, tentunya diperlukan pula penambahan fasilitator atau pendamping. Melalui TOT Diklat Wajib yang diikuti anggota potensial ini, diharapkan pendidikan dan pendampingan kepada anggota CU Bonaventura dapat terlaksana secara maksimal. 

Selama ini staf manajemen di TP melibatkan anggota khususnya anggota potensial ketika mengadakan kegiatan pendidikan dan pendampingan. Secara tidak langsung partisipasi anggota potensial ini menjadi langkah awal untuk menjadi fasilitator atau pendamping anggota. Karena dengan sering mengikuti kegiatan akan sering pula melihat staf bekerja dalam memberi pendidikan dan pendampingan.  

Di hari pertama TOT, fasilitator mengajak peserta untuk menyampaikan apa saja permasalahan diklat yang terjadi di TP. Dari informasi ini fasilitator meminta peserta mendiskusikan apa saja kriteria seorang fasilitator yang ideal. Hasil diskusi ini menjadi cermin bagi peserta yang nantinya juga akan menjadi fasilitator. Jika peserta menganggap fasilitator harus menguasai materi dan humoris, maka ia pun harus belajar menjadi seperti itu. Inilah tantangan awal yang harus dihadapi oleh calon-calon fasilitator diklat. 

Hari berikutnya, peserta mempelajari apa saja persiapan sebelum memfasilitasi. Seorang fasilitator harus menentukan tujuan diklat. Setelah itu barulah memikirkan untuk siapa diklat diadakan ? Materi apa yang sesuai ? Bagaimana metode penyampaian yang tepat ? Peralatan dan perlengkapan apa yang harus disiapkan ? Semuanya tertuang dalam Rencana Kegiatan Pembelajaran (RKP) atau Session Plan. Masing-masing peserta kemudian membuat RKP dengan materi yang berbeda-beda untuk ditampilkan esok hari. 

Sesi pertama hari ketiga TOT menampilkan presentasi materi secara berkelompok. Setiap kelompok diberi waktu 20 menit untuk praktek memfasilitasi. Karena keterbatasan waktu, hanya dua kelompok yang dapat tampil. Dilanjutkan dengan presentasi secara perorangan.

Peserta di beri waktu 7 menit untuk praktek penyampaian materi. Peserta lain memberikan komentar dan saran perbaikan. Sesi praktek ini menunjukkan bahwa peserta sudah mampu memfasilitasi pertemuan atau diklat. Tugas selanjutnya tinggal memperkaya pengalaman dalam diklat sesungguhnya.  

Di akhir pelatihan, peserta membuat rencana tindak lanjut. 3 rencana tindak lanjut utama adalah :

  1. Menyampaikan hasil pelatihan pada Manajer TP
  2. Memiliki/membentuk/mendampingi PKA.
  3. Mengikuti kegiatan diklat yang dilaksanakan TP. 

Semoga dengan TOT Diklat Wajib ini diklat-diklat CU Bonaventura dapat terlaksana secara maksimal baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Dan pada akhirnya menciptakan anggota – anggota CU yang loyal dan berkualitas. 

Bagikan Ke:

Populer