+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
02/06/2020

Unggas Jaya : dari panen lele ke panen jagung

bibil | Pemberdayaan | 1671

Sabtu, 30 Mei 2020, komunitas pemberdayaan Unggas Jaya dari TP Sagatani melakukan panen jagung. Jagung manis milik komunitas ini memasuki panen tahap kedua. Sebelumnya buah jagung ukuran kecil yang biasanya untuk campuran sayur sudah lebih dulu dipanen. Hasil penjualan jagung muda ini ternyata mampu menutupi modal awal kebun jagung.

Sejak pagi anggota komunitas berkumpul dan memulai proses petik jagung. Ada 14 orang anggota yang bergabung dalam komunitas yang dipimpin oleh Paulus Dowen Kopeng. Sebagian besar anggota adalah pemuda yang bekerja di peternakan ayam gang Unggas, Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan. Menjelang pukul 11 siang, satu bagian kebun selesai dipanen dan langsung dimasukkan dalam karung. Panen kedua ini menghasilkan 418 kg jagung manis yang termuat dalam 7 karung. Bagian jagung yang belum dipanen baru akan dikerjakan minggu depan. 

Komunitas Pemberdayaan Unggas Jaya sebelumnya memiliki usaha ternak lele. Ternak lele sudah beberapa kali panen. Saat ini komunitas beralih ke Jagung karena ada lahan subur di sekitar peternakan yang disewakan. Komunitas ini didampingi oleh staf Diklat TP Sagatani.

Bagikan Ke:

Populer